top of page

Group

Public·34 members

Soal Olimpiade Biologi SMP 2012 dan Pembahasan



Soal Olimpiade Biologi SMP 2012 dan Pembahasan




Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah kompetisi ilmiah tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk siswa SMP dan SMA. OSN bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi siswa dalam bidang sains, serta menumbuhkan semangat berkompetisi yang sehat dan sportif.




soal olimpiade biologi smp 2012 dan pembahasan



Salah satu bidang sains yang diujikan dalam OSN adalah biologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang kehidupan dan makhluk hidup. Biologi mencakup berbagai topik, seperti struktur dan fungsi sel, metabolisme, genetika, evolusi, ekologi, klasifikasi, dan lain-lain.


Pada tahun 2012, OSN bidang biologi untuk SMP diselenggarakan di tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. Soal-soal yang diujikan meliputi soal pilihan ganda dan soal pilihan analisis. Soal pilihan ganda berjumlah 60 soal dengan bobot nilai 4 untuk jawaban benar dan -1 untuk jawaban salah. Soal pilihan analisis berjumlah 40 soal dengan bobot nilai 4 untuk jawaban benar dan 0 untuk jawaban salah atau tidak menjawab.


Berikut ini adalah beberapa contoh soal olimpiade biologi SMP 2012 dan pembahasannya:


Contoh Soal Pilihan Ganda




Teori Horald Urey menyatakan bahwa, jika terjadi loncatan listrik dan radiasi sinar kosmis dengan zat-zat kimia di atmosfer akan terbentuk...


A. glukosa


B. karbohidrat


C. lemak


D. asam amino


Jawaban: D


  • Pembahasan: Teori Horald Urey merupakan pengembangan dari teori Stanley Miller yang menyimulasikan kondisi atmosfer bumi primitif dengan menggunakan zat-zat kimia seperti air (H2O), metana (CH4), amonia (NH3), dan hidrogen (H2). Dengan memberikan loncatan listrik sebagai sumber energi dan radiasi sinar kosmis sebagai sumber ionisasi, mereka berhasil membentuk asam amino sebagai bahan dasar pembentuk protein.



Perbedaan yang sangat mendasar pada percobaan yang dilakukan oleh F. Redi dan L. Spallanzani terletak pada...


A. bahan yang digunakan


B. alat yang digunakan


C. prosedur kerja


D. kesimpulan yang dihasilkan


Jawaban: B


  • Pembahasan: Percobaan F. Redi dan L. Spallanzani bertujuan untuk membuktikan bahwa kehidupan tidak berasal dari benda mati (abiogenesis), melainkan dari kehidupan sebelumnya (biogenesis). F. Redi menggunakan daging sebagai bahan percobaan dan menutupnya dengan kain atau kertas untuk mencegah lalat masuk dan bertelur di dalamnya. L. Spallanzani menggunakan kaldu daging sebagai bahan percobaan dan memasukkannya ke dalam botol kaca yang ditutup rapat untuk mencegah udara masuk dan membawa mikroorganisme ke dalamnya. Kedua percobaan ini menghasilkan kesimpulan yang sama, yaitu tidak ada kehidupan yang muncul dari benda mati.



Proses perubahan bentuk energi kimia untuk berbagai aktivitas sebagai ciri mahluk hidup disebut...


A. nutrisi


B. respirasi


C. asimilasi


D. transportasi


Jawaban:


Contoh Soal Pilihan Analisis




Perhatikan gambar berikut ini!


Gambar di atas menunjukkan perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan. Perbedaan tersebut adalah:


(1) Sel hewan memiliki sentriol, sedangkan sel tumbuhan tidak


(2) Sel hewan memiliki vakuola kecil-kecil, sedangkan sel tumbuhan memiliki vakuola besar


(3) Sel hewan memiliki dinding sel, sedangkan sel tumbuhan tidak


A. (1), (2), dan (3) benar


B. (1) dan (2) benar


C. (2) dan (3) benar


D. (3) benar


Jawaban: B


Pembahasan: Perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan adalah sebagai berikut:


- Sel hewan memiliki sentriol yang berfungsi sebagai pusat pembelahan sel, sedangkan sel tumbuhan tidak memiliki sentriol karena pembelahan selnya diatur oleh mikrotubulus.


- Sel hewan memiliki vakuola kecil-kecil yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan zat-zat tertentu, sedangkan sel tumbuhan memiliki vakuola besar yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan air dan zat-zat terlarut.


  • - Sel hewan tidak memiliki dinding sel yang kaku dan tebal, sedangkan sel tumbuhan memiliki dinding sel yang tersusun dari selulosa yang berfungsi sebagai pelindung dan pemberi bentuk sel.



Perhatikan tabel berikut ini!


NoNama TumbuhanDivisi


1Paku-pakuanPteridophyta


2Lumut kerakBryophyta


3ManggaSpermatophyta


4Ganggang hijau-biruThallophyta


5Padi-padianSpermatophyta


Tabel di atas menunjukkan klasifikasi tumbuhan berdasarkan divisi. Kriteria yang digunakan untuk mengelompokkan tumbuhan ke dalam divisi tersebut adalah:


(1) Kehadiran atau ketiadaan pembuluh angkut


(2) Kehadiran atau ketiadaan biji


(3) Kehadiran atau ketiadaan akar, batang, dan daun sejati


A. (1), (2), dan (3) benar


B. (1) dan (2) benar


C. (2) dan (3) benar


D. (3) benar


Jawaban: A


Pembahasan: Kriteria yang digunakan untuk mengelompokkan tumbuhan ke dalam divisi adalah sebagai berikut:


- Thallophyta adalah divisi tumbuhan yang tidak memiliki pembuluh angkut, biji, maupun akar, batang, dan daun sejati. Contohnya adalah ganggang hijau-biru, lumut hati, dan ganggang api.


- Bryophyta adalah divisi tumbuhan yang tidak memiliki pembuluh angkut dan biji, tetapi memiliki akar semu, batang sem e0e6b7cb5c


About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...

Group Page: Groups_SingleGroup
bottom of page